Menjalankan bisnis wedding organizer memang menyenangkan. Kita bisa membantu klien untuk mewujudkan wedding impiannya dengan kemampuan kita mengatur sebuah acara. Namun ternyata, ada skill lain yang harus Anda kuasai agar bisnis Anda berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah pencatatan yang rapi, terutama di sisi keuangan bisnis.
Seringkali pebisnis wedding organizer yang masih menangani project sendiri, akan kesulitan melakukan pencatatan yang rapi karena kesibukan dan keterbatasan waktu yang dimiliki. Akibatnya, catatan pun seadanya dan tidak lengkap. Bukannya terbantu dengan catatan yang ada, Anda malah jadi semakin bingung.
Foto oleh Karolina Grabowska
Setidaknya, ada 5 data penting yang wajib dicatat oleh wedding organizer. Aksana sudah merangkumnya untuk Anda, sehingga bisnis Anda pun siap berlari karena pencatatannya juga rapi!
- Biaya Tambahan di Luar Paket
Ketika Anda sudah menetapkan harga untuk sebuah paket, ternyata ada kebutuhan dari klien yang harus dipenuhi. Contohnya adalah penambahan jumlah katering, karena jumlah undangan yang juga bertambah di tengah-tengah perencanaan wedding.
Tentunya, kebutuhan ini harus dicatatkan, karena akan menambah biaya total tagihan klien. Jadi, jangan lupa mencatatnya dengan rapi, supaya request dari klien bisa terpenuhi serta Anda juga bisa menagihnya ke klien.
- Biaya Akomodasi
Contoh lain yang harus Anda catat adalah biaya akomodasi seperti transportasi dan biaya kebersihan gedung. Biasakan untuk mencatatnya secara rinci, supaya Anda benar-benar mengetahui pengeluaran Anda.
- Biaya Total Tagihan Klien
Anda harus memastikan semua biaya yang perlu ditagihkan ke klien sudah masuk ke biaya total tagihan klien. Jangan sampai ada yang terlewat! Karena jika Anda lupa memasukkan tagihan, Anda akan terlihat tidak profesional karena harus merevisi invoice berkali-kali.
Selain itu, jika Anda sungkan menagih, biaya yang tidak tertagih tersebut tentu akan mengurangi profit bersih Anda dalam sebuah project. Tidak mau, kan, menderita kerugian yang sebenarnya bisa dihindari? Catat dengan baik, agar bisnis Anda menguntungkan!
- Biaya Pengeluaran
Tak kalah penting, catat semua biaya pengeluaran yang perlu Anda selesaikan seperti tagihan vendor maupun biaya gaji karyawan. Jangan sampai Anda kehilangan kepercayaan vendor, karena kepercayaan partner bisnis merupakan modal utama agar bisnis Anda bisa bertahan lama.
- Biaya Operasional Wajib dan Insidental
Catatkan biaya operasional kantor bisnis wedding organizer Anda dengan detail. Sekecil apapun pengeluaran yang berhubungan dengan bisnis wajib dicatat, agar tidak terjadi kebocoran anggaran perusahaan.
Jangan lupa catatkan biaya insidental, misalnya ada biaya survey tambahan yang harus dilakukan demi kelancaran acara. Biaya insidental ini kerap kali lupa dicatatkan, sehingga mengganggu keuangan bisnis Anda.
Nah, itulah 5 data penting yang wajib dicatat oleh bisnis wedding organizer Anda. Jika Anda masih kesulitan mencatat dengan rapi, wajib banget nih pakai tools dari Aksana!
Aksana adalah sistem yang dirancang khusus untuk bisnis wedding organizer, dengan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda! Yuk, tinggalkan cara lama, beralih ke Aksana!