Mengelola keuangan adalah salah satu aspek yang paling penting dalam menjalankan bisnis, terutama untuk pengusaha wedding organizer. Namun, tidak sedikit pengusaha wedding organizer terjebak dalam kesalahan yang dapat merugikan bisnis mereka secara finansial.
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
Berikut adalah alasan kenapa mencatat pengeluaran dengan benar wajib dilakukan.
1. Mendapatkan Angka Laba Bersih Perusahaan
Kesalahan umum pengusaha wedding organizer adalah tidak bisa membedakan laba kotor dan laba bersih.
Seringkali pembayaran uang muka dari klien dianggap sebagai profit padahal statusnya masih sebagai uang titipan.
Sebaiknya pencatatan pengeluaran dan pendapatan dilakukan berdasarkan project yang dikerjakan. Selain itu pencatatan keuangan dari beban operasional usaha seperti biaya sewa ruko, listrik, internet, dan pulsa.
2.Optimalkan Pendapatan dan Pengeluaran
Pencatatan keuangan yang baik dapat membantu pengusaha wedding organizer melacak pengeluaran dan pendapatan yang ada.
Dengan memantau arus kas masuk dan keluar secara teratur, pengusaha dapat mengidentifikasi pengeluaran yang dapat dikurangi atau dipangkas.
Selain itu pencatatan keuangan juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menganalisa produk layanan mana yang paling diminati dan menghasilkan angka pendapatan yang paling besar.
3.Analisa Resiko Berdasarkan Laporan Keuangan
Laporan keuangan yang baik bisa membantu pengusaha wedding organizer untuk memantau kesehatan keuangan secara teratur.
Anda bisa mengidentifikasi masalah atau tantangan yang mungkin dihadapi kedepannya. Sehingga sebagai pengusaha Anda bisa mengambil langkah pencegahan untuk mengurangi resiko keuangan yang mungkin terjadi di masa depan.
Dengan memahami manfaat dari pencatatan yang baik dan konsisten, seharusnya pengusaha wedding organizer lebih peka terhadap pentingnya laporan keuangan.
Untuk membantu kegiatan pencatatan keuangan yang terlihat rumit dan membosankan, Anda bisa memanfaatkan alat bantu seperti sistem Aksana.
Dengan menggunakan Aksana, Anda hanya perlu memasukkan data berdasarkan form yang disediakan dan disesuaikan khusus untuk usaha wedding organizer.
Pencatatan laporan menjadi lebih praktis karena laporan keuangan bisa didapatkan otomatis.