Dalam penyelenggaraan sebuah pernikahan, tentunya banyak orang yang terlibat selain dari pengantin itu sendiri. Keluarga pengantin juga memiliki peranan penting dalam pelaksanaan wedding, karena bisa jadi dari pihak keluarga misalnya orang tua menjadi penyumbang dana pernikahan. Oleh karena itu, adakalanya pihak yang berkepentingan ingin memantau juga perkembangan pernikahan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga acara selesai.
Foto oleh afiful huda dari Pexels
Hal ini pula yang membuat klien menjadi sedikit “rewel” dengan data-data terkait pernikahan mereka. Jadi, bagi wedding organizer, perencanaan dan pengelolaan wedding yang baik harus ditambah dengan kemampuan untuk mencatatkan segala sesuatunya dengan rapi, teliti, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan sampai, klien kecewa karena pencatatan kita yang tidak rapi mengakibatkan pemborosan dan ketidaksesuaian dalam penyelenggaraan pernikahan.
Contohnya, ketika ada penambahan katering, atau permintaan khusus dari keluarga mempelai, maka tugas wedding organizer adalah mencatat dan menyesuaikan pesanan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, penting bagi pebisnis wedding organizer untuk mengelola pesanan klien agar tidak mengecewakan.
Tambahan-tambahan yang diminta klien tentunya berdampak pula pada penambahan biaya yang harus ditagihkan kepada klien. Jadi, Anda harus sigap mencatat dan menambahkannya dalam invoice sehingga tidak merugikan bisnis Anda. Anda juga bisa lebih mudah menggunakan rincian-rincian tersebut untuk laporan keuangan Anda.
Tak kalah penting, walaupun klien banyak maunya, tetap layani dengan sepenuh hati sehingga pelayanan Anda tetap berkualitas. Jangan sampai nih, klien sudah membayar mahal, tapi pelayanan Anda masih setengah-setengah, Tetap layani klien dengan profesional sehingga sepadan dengan biaya yang telah mereka keluarkan.
Foto oleh Rothemba Vele
Hal-hal kecil tersebut membuat pelanggan merasa puas dengan apa yang telah Anda kerjakan untuk menciptakan wedding impian klien Anda. Semakin bagus pelayanan Anda, semakin banyak testimoni positif yang akan Anda dapatkan untuk menambah portofolio Anda.
Nah, kalau Anda ingin lebih mudah dan efisien lagi dalam mengelola dana yang telah klien bayarkan untuk membeli wedding package yang Anda jual, segera gunakan sistem manajemen wedding organizer untuk bisnis Anda!
Aksana menyediakan berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda mengelola bisnis secara profesional, mulai dari membuat paket, transaksi, hingga pencatatan-pencatatan penting untuk sebuah project dan pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan lebih rapi. Yuk, manfaatkan teknologi terkini untuk memajukan bisnis wedding organizer Anda bersama Aksana!