Pengelolaan keuangan perusahaan dimulai dari membuat budget atau anggaran agar operasional perusahaan berjalan dengan lancar. Hal ini wajib dilakukan, termasuk untuk bisnis wedding organizer yang sedang Anda jalankan.
Oleh karena itu, penting banget nih untuk membuat budgeting secara rapi, agar bisnis Anda tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemborosan dana operasional, salah prioritas penggunaan anggaran, hingga over budget saat mengerjakan suatu project.
Photo by Photos by Lanty on Unsplash
Lalu, bagaimana Anda menentukan budget secara tepat untuk bisnis wedding organizer Anda? Simak tipsnya pada artikel berikut ini!
Tips Praktis Budgeting untuk WO
- Ketahui secara rinci kebutuhan usaha Anda
Sebelum membuat anggaran, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk menjalankan usaha Anda. Tuliskan dengan detail setiap kebutuhan tersebut, barulah Anda bisa membuat anggaran baik anggaran tahunan maupun biaya per project yang Anda kerjakan.
- Buat anggaran secara ketat
Anda harus membuat anggaran secara ketat, sehingga setiap rupiah yang Anda keluarkan bisa digunakan secara maksimal. Meskipun ada biaya tak terduga, hindari membuat anggaran yang terlalu longgar sehingga memunculkan peluang adanya kebocoran anggaran.
Dampaknya, usaha Anda akan sulit berkembang karena profitnya habis untuk membiayai hal yang tidak perlu. Oleh karena itu, batasi pula biaya tak terduga yang mungkin muncul karena perubahan kondisi seperti kenaikan harga yang ditawarkan vendor, maupun resiko kerusakan properti yang membuat Anda harus merogoh kocek lebih dalam.
- Pisahkan uang bisnis dan uang pribadi
Kesalahan yang biasanya dilakukan pebisnis wedding organizer adalah mencampur uang bisnis dan uang pribadi. Uang yang digunakan untuk membiayai usaha, seharusnya dipisahkan dari kantong pribadi. Hal ini memudahkan Anda dalam menghitung keuangan perusahaan, juga untuk menghindari penyelewengan dana atau sebaliknya kerugian pribadi karena uang Anda ikut digunakan untuk operasional perusahaan.
Pencatatan keuangan akan lebih mudah jika Anda sudah menggunakan sistem untuk bisnis Anda. Gunakan sistem yang dilengkapi dengan sistem keuangan yang andal agar keuangan bisnis Anda lebih rapi.
- Siapkan kas kecil
Untuk membiayai operasional bisnis Anda, tetapkan sejumlah kas kecil agar bisa digunakan oleh tim Anda sewaktu-waktu dibutuhkan. Apalagi bisnis wedding organizer pasti banyak perintilan yang harus disiapkan sehingga jika tidak menyiapkan kas kecil dalam anggaran, Anda akan kebingungan dalam memenuhinya.
- Lakukan pencatatan dengan rapi
Catat pengeluaran sekecil apapun, jangan sampai melenceng jauh dari anggaran yang sudah Anda tentukan. Pencatatan yang rapi memudahkan Anda untuk mengevaluasi bisnis Anda.
- Gunakan teknologi pendukung
Berbisnis di era modern seperti sekarang ini tentunya menuntut Anda untuk mengurus segala sesuatunya secara lebih praktis menggunakan teknologi terkini. Cobalah untuk memakai sistem untuk manajemen wedding organizer seperti Aksana untuk membantu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis Anda dalam satu sistem saja.
Nah, itulah tips budgeting yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Selamat mencoba!